TERIMA KASIH ATAS SOKONGAN

IKUTI TiS DI FB

Wednesday, April 11, 2012

SITI MAEMUNAH NAK JADI LELAKI SEJATI

SEMARANG, KOMPAS.com - Keinginan Muhamad Prawiro Dijoyo alias Joyo yang sebelumnya bernama Siti Maemunah untuk menjadi lelaki seutuhnya diperkirakan segera terlaksana.

Tim dokter dari tim penyesuaian kelamin RSUP dr Kariadi Semarang, Jawa Tengah menjadwalkan operasi tahap pertama akan dilakukan pada Kamis (12/4/2012) mendatang.

Kepala Humas RSUP dr Kariadi Semarang, Darwito mengatakan operasi direncanakan akan dilakukan dua tahap. Setelah operasi pertama, akan dilanjutkan dengan operasi tahap kedua yang diperkirakan akan dilakukan enam bulan mendatang.

Ia mengatakan pada operasi tahap pertama yakni urethroplasty atau membuat saluran kencing dan chordectomi atau pelurusan kelamin. Sedangkan untuk tahap kedua akan dilakukan urethroplasty untuk penyempurnaan alat kelamin agar bisa berfungsi normal baik untuk kencing ataupun alat reproduksi.

"Untuk tahap pertama setelah operasi, kemungkinan butuh waktu dua minggu untuk pulih, setelah itu bisa pulang," ujarnya, Selasa (10/4/2012).

Tim yang akan menangani Joyo sebanyak 24 ahli medis baik dari bagian urologi, penyakit dalam, anestesi dan sejumlah bidang lainnya. Darwito mengatakan operasi yang dilakukan merupakan operasi besar sehingga butuh persiapan matang.

"General check up sudah dilakukan, semoga hingga menjelang operasi kondisinya tetap baik," katanya.

Joyo merupakan pasien dengan kelainan ambiguous genitalia atau gambaran kelamin tidak jelas dan hipospadia atau saluran kencing yang tidak berada di ujung.

Sebab itu ketika kecil, Joyo tumbuh layaknya anak perempuan dan juga menempuh pendidikan di sekolah khusus perempuan.

Warga Genuk Semarang ini menyadari dirinya laki-laki karena payudara tidak tumbuh dan tidak mengalami menstruasi layaknya perempuan muda pada umumnya.

Berdasarkan keputusan Pengadilan Negeri Semarang akhir 2011 lalu ia telah dinyatakan sebagai laki-laki.


No comments:

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

ARTIKEL HANGAT BULAN INI